• gambar
  • gambar
  • islamiyah 2
  • islamiyah 1
  • islamiyah 3
  • islamiyah 5

Selamat Datang di Website SMA ISLAMIYAH BAWEAN. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMA ISLAMIYAH BAWEAN

NPSN : 20500652

Jl. Raya Tambak No. 101A Kec. Tambak Kab. Gresik 61182


info@islamiyahbawean.sch.id

TLP : 0325411176


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 4768
Pengunjung : 1962
Hari ini : 14
Hits hari ini : 30
Member Online : 0
IP : 18.234.255.5
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

MODUL MPLS 2020-2021




KATA PENGANTAR

Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan modul Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk peserta MPLS SMP/SMA Islamiyah. Modul ini disusun dengan menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan belajar (Student Center). Modul ini juga dilengkapi dengan materi pengenalan lingkungan sekolah untuk pemahaman siswa.

Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan modul ini. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran demi perbaikan dan kesempurnaan modul ini.

Kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu proses penyelesain modul ini, terutama dosen pengampu mata kuliah pengembangan bahan ajar panitia MPLS SMP/SMA Islamiyah. Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya para peserta MPLS SMP/SMA Islamiyah ditahun ajaran 2020-2021.

 

Tambak, 10 Juli 2020

 

 

Penyusun

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR. i

DAFTAR ISI ii

MARS ISLAMIYAH.. 1

TATA KRAMA DAN TATA TERTIB. 2

KEHIDUPAN SOSIAL SEKOLAH.. 2

MENGENAL. 7

LINGKUNGAN SEKOLAH.. 7

ALBUM FOTO LINGKUNGAN SEKOLAH.. 9

MENINGKATKAN MOTIVASI DIRI 10

KEGIATAN.. 11

EKSTRAKURIKULER SMP-SMA ISLAMIYAH BAWEAN.. 11

KEGIATAN EKSTRA KEAGAMAAN.. 13

 

MARS ISLAMIYAH

Ciptaan: MOHAMMAD NUH, S.H (ALUMNI)

 
   

 

 

Bersamamu Islamiyah Tercinta

Derap Langkahku Ayunkan Segera

Demi Raih Cita Suci Mulia

Bagimu Islam Dan Indonesia

Disepakati di Sekolah Ini

Kami Telah Ikrarkan Satu Janji

Teguh Nian Amalkan Trilogi

Berilmu, Beramal, Dan Bertaqwa

 

Islamiyah Senantiasa Berjaya (*)

Mencerdaskan Tunas Bangsa

Berbekalkan Keterampilan

Berkarya Memacu Prestasi

Berlandaskan Pancasila

Berjuang Memajukan Negeri

(diulang lagi *) 

 

 

 

TATA KRAMA DAN TATA TERTIB

KEHIDUPAN SOSIAL SEKOLAH

 

BAB 1

KETENTUAN UMUM

  1. Tata krama dan tata tertib ini dimaksudkan sebagai rambu-rambu bagi peserta didik dalam bersikap, berucap, dan bertingkah laku pada kegiatan sehari-hari di sekolah dalam rangka menciptakan iklim dan kultur sekolah yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang efektif.
  2. Tata krama dan tata tertib sekolah ini dibuat berdasarkan nilai-nilai yang dianut sekolah dan masyarakat sekitar, meliputi nilai ketakwaan, sopan santun, pergaulan, kedisiplinan, dan keamanan serta nilai-nilai yang dapat mendukung terciptanya suasana belajar yang kondusif.
  3. Tata krama dan tata tertib sekolah yang dicetak dalam bentuk buku saku peserta didik ini wajib dimiliki oleh setiap peserta didik dan selalu di bawa ke sekolah.
  4. Setiap peserta didik wajib melaksanakan dan mematuhi ketentuan yang tercantum dalam tata krama dan tata tertib ini dengan kesadaran dan tanggung jawab.

 

PASAL 1

PAKAIAN SEKOLAH

  1. Pakaian seragam

Peserta didik wajib mengenakan seragam sekolah dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Umum
  • Sopan dan rapi sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Baju atasan putih - bawahan putih (Senin), baju atasan putih – bawahan dongker (SMP) abu-abu (SMA) (Selasa - Kamis), baju pramuka (Jum’at, Sabtu)
  • Memakai badge identitas sekolah
  • Kerudung (untuk peserta didik perempuan) dan ikat pinggang dengan identitas sekolah
  • Pakaian tidak terbuat dari kain yang tipis dan tembus pandang, tidak ketat, dan tidak membentuk tubuh.
  1. Khusus laki-laki
  • Baju dimasukkan ke dalam celana
  • Panjang celana sesuai dengan ketentuan
  • Celana dan baju tidak dimodiskan
  1. Khusus perempuan
  • Baju dimasukkan ke dalam rok
  • Panjang rok sesuai dengan ketentuan (panjang rok sampau ke mata kaki)
  • Kerudung berwarna putih (Senin), biru dongker (SMP) abu-abu (SMA) (Selasa – Kamis), Coklat (Jum’at, Sabtu)
  • Lengan baju tidak digulung
  • Rok dan baju tidak dimodiskan
  1. Pakaian Olahraga

Untuk pelajaran olahraga, peserta didik wajib memakai pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.

 

PASAL 2

RAMBUT, KUKU, TATO DAN MAKE-UP

  1. Umum

Peserta didik dilarang :

  1. Memanjangkan kuku
  2. Mengecat rambut
  3. Bertato
  4. Khusus laki-laki
  5. Tidak berambut panjang
  6. Tidak memodis rambut
  7. Tidak memakai aksesoris yang tidak mencerminkan pribadi peserta didik (kalung, anting-anting, gelang)
  8. Khusus perempuan
  9. Tidak memakai kerudung yang tidak sesuai dengan ketentuan sekolah
  10. Tidak memakai aksesoris yang tidak mencerminkan pribadi peserta didik (perhiasan dan make-up yang berlebihan)

 

PASAL 3

HANDPHONE

Peserta didik dilarang membawa handphone ke sekolah (kecuali ada kepentingan untuk jenis pembelajaran tertentu).

 

PASAL 4

MASUK DAN PULANG SEKOLAH

  1. Peserta didik wajib hadir sebelum bel masuk dibunyikan
  2. Peserta didik yang terlambat datang kurang dari 15 menit harus lapor kepada Wk. Kepala Sekolah (SMP), Wk. Kesiswaan (SMA) dan diizinkan masuk kelas
  3. Peserta didik yang terlambat datang lebih dari 15 menit harus lapor kepada Wk. Kepala Sekolah (SMP), Wk. Kesiswaan (SMA) dan diberikan sanksi
  4. Selama pelajaran berlangsung dan pada pergantian jam pelajaran peserta didik diharapkan tenang dan tetap berada di dalam kelas
  5. Pada waktu pulang diwajibkan langsung meninggalkan sekolah menuju ke rumah, kecuali bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan tambahan di sekolah

 

 

PASAL 5

KEBERSIHAN, KEDISIPLINAN DAN KETERTIBAN

  1. Setiap kelas dibentuk tim piket kelas yang secara berglliran bertugas menjaga kebersihan dan ketertiban kelas
  2. Setiap tim piket bertugas hendaknya menyiapkan dan memelihara perlengkapan kelas yang terdiri dari :
  3. Penghapus papan tulis, board maker (spidol), dan papan tulis
  4. Sapu, alat pel, dan kotak sampah
  5. Bangku-bangku dan meja sebelum pelajaran dimulai
  6. Peserta didik membiasakan menjaga kebersihan ruangan kelas, kamar kecil atau toilet, halaman dan kebun sekolah
  7. Peserta didik membiasakan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan /kotak sampah
  8. Setiap peserta didik membiasakan budaya antri dalam mengikuti berbagai kegiatan sekolah dan luar sekolah yang berlangsung bersama-sama
  9. Setiap peserta didik menjaga suasana ketenangan belajar baik di kelas, perpusatakaan, laboratorium maupun di tempat lain di lingkugan sekolah
  10. Setiap peserta didik menaati jadwal kegiatan sekolah
  11. Setiap peserta didik agar menyelesaikan tugas yang diberikan di sekolah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan

 

 

 

 

 

PASAL 6

SOPAN SANTUN PERGAULAN

Dalam pergaulan sehari-hari di sekolah, peserta didik hendaknya :

  1. Mengucapkan salam terhadap teman kepala sekolah, guru, dan pegawai sekolah apabila baru bertemu pada waktu pagi/siang hari atau akan berpisah pada waktu siang/sore hari dengan cara bersalaman
  2. Menghormati sesama peserta didik, menghargai perbedaan latar belakang sosial dan budaya yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik, baik di sekolah maupun di luar sekolah
  3. Menghormati ide, pikiran, dan pendapat, hak cipta orang lain dan hak milik teman dan warga sekolah
  4. Berani menyatakan yang salah adalah salah dan menyatakan sesuatu yang benar adalah benar
  5. Menyatakan pendapat sesuai dengan prosedur dan sopan tanpa menyinggung perasaan orang lain
  6. Membiasakan diri mengucapkan terima kasih apabila mendapatkan bantuan atau jasa orang lain
  7. Berani mengakui kesalahan yang terlanjur telah dilakukan dan meminta maaf apabila merasa melanggar hak orang lain atau berbuat salah kepada orang lain
  8. Menggunakan bahasa yang sopan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua dan teman sejawat, dan tidak menggunakan kata-kata kotor, kasar, cacian, dan pornografi

 

PASAL 7

UPACARA BENDERA DAN PERINGATAN HARI-HARI BESAR

  1. Upacara Bendera Setiap Hari Senin

Setiap peserta didik wajib mengikuti upacara bendera setiap hari Senin dengan memakai pakaian seragam lengkap sebagaimana yang telah ditentukan oleh sekolah

  1. Peringatan Hari-hari Besar
  2. Setiap peserta didik wajib mengikuti kegiatan hari-hari besar nasional seperti upacara Hari Kemerdekaan, Hari Santri Nasional, dll yang diselenggarakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  3. Setiap peserta didik wajib mengikuti kegiatan-kegiatan peringatan keagamaan seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Israj Mi’raj, dll

 

PASAL 8

KEGIATAN KEAGAMAAN

Setiap peserta didik wajib mengikuti  kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh sekolah.

 

PASAL 9

LARANGAN-LARANGAN

  1. Merokok, meminum minuman keras, mengedarkan dan mengkonsumsi narkotika, obat psikotropika, obat terlarang lainnya dan berpacaran di lingkungan sekolah
  2. Berkelahi baik perorangan maupun kelompok di dalam sekolah ataupun di luar sekolah.
  3. Membuang sampah tidak pada tempatnya
  4. Mencoret dinding bangunan, pagar sekolah, perabot dan peralata sekolah lainnya
  5. Berbicara kotor, mengumpat, bergunjing, menghina, menyapa antar sesama peserta didik atau warga sekolah lainnya dengan kata sapaan atau panggilan tidak senonoh
  6. Membawa barang yang tidak ada hubungannya dengan kepentingan kegiatan sekolah atau kegiatan belajar mengajar, mengganggu dan membahayakan keselamatan orang lain.
  7. Membawa, membaca, menonton, mengedarkan bacaan, gambar, sketsa, audio, video porno
  8. Membawa kartu atau alat permainan judi dan bermain judi

 

 

 

 

PASAL 10

PENJELASAN TAMBAHAN

  1. Rambut peserta didik dinyatakan panjang apabila rambut belakang melampaui kerah baju, rambut samping melapaui telinga, rambut bagian depan bila disisir ke depan menutupi alis mata
  2. Yang dimaksud dengan alat kartu/ alat judi adalah semua jenis peralatan yang digunakan untuk bermain judi
  3. Pemanggilan orang tua peserta didik tidak dapat diwakilkan
  4. Sesuatu hal yang belum tercantum dalam peraturan ini, akan dipertimbangkan dan diputuskan melalui musyawarah dewan guru

BAB II

PELANGGARAN DAN SANGSI

Peserta didik yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan yang tercantum dalam tatakrama dan tata tertib kehidupan sosial sekolah diperhitungkan sesuai table poin yang terus diakumulasikan dan selanjutnya dikenakan sangsi sesuai dengan poin yang diperoleh.

Sangsi-sangsi tersebut meliputi:

  1. Teguran
  2. Penugasan
  3. Surat pernyataan
  4. Pemanggilan orang tua beserta surat pernyataan terakhir (bermaterai)
  5. Dikembaliakn kepada orang tua

TABEL

BENTUK PELANGGARAN DAN POIN PELANGGARAN

 

A

PELANGGARAN RINGAN

NO

BENTUK PELANGGARAN

KODE

POIN

1

Terlambat masuk sekolah

01

5

2

Tanpa atribut sekolah

02

5

3

Tidak bersepatu dan berkaos kaki

03

5

4

Tidak berpakaian rapi/ dimodelkan

04

5

5

Memakai jaket, sweater atau rompi di sekolah tanpa ada izin

05

5

6

Memakai topi saat upacara bendera

06

5

7

Memakai aksesoris

07

5

8

Tidak memakai ikat pinggang sekolah

08

5

9

Keluar masuk ruang tanpa izin guru

09

5

10

Terlambat masuk setelah istirahat

10

5

11

Tidak memerhatikan saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

11

5

12

Membuang sampah sembarangan

12

5

13

Berkuku panjang bagi putra-putri

13

5

14

Tidak piket kelas

14

5

15

Pemalsuan identitas (memakai atribut, kartu atau tanda pengenal sekolah lain)

15

10

16

Pakaian dicoret-coret

16

10

17

Tidak memakai seragam olahraga pada saat jam pelajaran olahraga

17

10

18

Tidak mengikuti kegiatan pembinaan keagamaan tanpa alasan yang jelas

18

10

19

Memakai make up dan perhiasan yang berlebihan bagi putri

19

10

20

Tidak patuh kepada instruksi guru

20

10

B

PELANGGARAN SEDANG

1

Tidak megikuti upacara bendera

21

15

2

Pulang sekolah sebelum pelajaran selesai

22

15

3

Kabur ketika jam pelajaran

23

20

4

Bawa HP ke sekolah (kecuali ada pembelajaran yang memerlukan HP)

24

20

5

Membawa komik, majalah/ novel

25

20

6

Alpha 3 hari tanpa keterangan

26

25

7

Membuat keterangan palsu

27

25

8

Rambut panjang (L)

28

50

9

Rok 5cm di atas mata kaki (P)

29

50

10

Celana ketat bagi laki-laki

30

50

11

Mengecat rambut dan bertato (L/P)

31

50

12

Pelecehan terhadap siswi/ perempuan 

32

50

13

Merusak fasilitas sekolah

33

50

14

Ribut/ mengganggu proses belajar mengajar

34

50

15

Pacaran di lingkungan sekolah

35

50

16

Mengganggu barang/ kendaraan guru, staff dan peserta didik lain

36

50

17

Pemalsuan nilai dan tanda tangan kepala sekolah, guru dan staff tat usaha

37

100

C

PELANGGARAN BERAT

1

Melawan/ menghina/ mengejek kepala sekolah, guru dan staff

38

125

2

Meloncat pagar sekolah

39

125

3

Berkelahi/ tawuran

40

125

4

Membawa senjata tajam

41

125

5

Mencuri

42

125

6

Membawa buku, kaset, VCD porno

43

125

7

Menodong/ mengompas

44

150

8

Melabrak teman/ adik kelas

45

125

9

Perjudian

46

150

10

Pengeroyokan/ pemukulan

47

150

11

Adu domba/ provokasi

48

125

12

Mabuk dan mengajak teman

49

150

13

Pencemaran nama baik sekolah

50

150

14

Hamil/ menghamili

51

200

15

Merokok/ membawa rokok

52

150

16

Mengintimidasi/ meneror teman

53

125

17

Pemakai/ pengedar narkotik

54

200

18

Perkosaan/ berzina

55

200

19

Mengubah nilai raport dan data dalam raport

56

200

20

Penganiayaan terhadap kepala sekolah, guru dan staff TU

57

200

 

TABEL

POINT DAN SANGSI

NO

JUMLAH POIN

SANKSI

PELAKSANA

KETERANGAN

1

30

Teguran

Wali kelas

Tembusan ke BK

2

75

Pemanggilan orang tua ke-1

Wali kelas dan BK

Tembusan ke kepala sekolah/ wakil kepala sekolah

3

100

Pemanggilan orang tua ke-2

Wali kelas dan BK

Tembusan ke kepala sekolah/ wakil kepala sekolah

4

150

Pemanggilan orang tua ke-3

Wali kelas, BK dan Wk. Kepala Sekolah (SMP), Wk. Kesiswaan (SMA)

Tembusan ke kepala sekolah

5

200

Dikembalikan kepada orang tua

Kepala sekolah

Tembusan ke yayasan dan KAdiknas

 

 

MENGENAL

LINGKUNGAN SEKOLAH

PROFIL SEKOLAH

VISI MISI

Unggul Dalam Iptek

Mulia Dalam Imtaq

 

Demi Mewujudkan Siswa yang Unggul dalam Iptek

Sekolah mendidik, membimbing, dan menyiapkan sarana pendukung agar siswa memiliki :

  • Kemampuan yang unggul bidang akademik
  • Keterampilan yang mumpuni bidang non akademik
  • Iman yang kuat dan Taqwa kepada Allah SWT
  • Cinta NKRI dan setia pada Pancasila

Untuk Meningkatkan Iman dan Taqwa Siswa

  • Sekolah menyediakan sarana yang representatif
  • Sekolah menyiapkan pembimbing keagamaan (intern / extern)
  • Sekolah melaksanakan kegiatan keagamaan rutin
  • Sekolah aktif dalam mengisi / melaksanakan kegiatan PHBI
  • Mendidik siswa agar anti dan benci NARKOBA

Sarana Penunjang Bidang Akademik

  • Guru yang ahli sesuai jurusan
  • Ruang Laboratorium Bahasa
  • Ruang Laboratorium IPA
  • Ruang Perpustakaan
  • Ruang IT
  • Ruang Komputer
  • Tempat Praktik Yang Memadai
  • Dll

Sarana Penunjang Bidang Non Akademik

  • Lapangan Olahraga dengan pelatih yang ahli guna mencapai olahraga prestasi
  • Pentas dan peralatan seni dengan pelatih yang ahli guna mencapai seni prestasi
  • Ruang BES (Badan Eksekutif Siswa) dan pembinaan BES bidang kepemimpinan dan organisasi oleh Pembina yang ahli
  • Musholla

Sarana Penunjang Lainnya

  • Pagar sekolah (berpintu)
  • Aula “Gus Dur”
  • Tempat parkir (berpintu)
  • Koperasi “Mahardika”
  • Kantin “Nyaot” (nyaman ongghu toghelan)
  • Kamar mandi & WC
  • Dll

CINTA ISLAMIYAH

( Nyanyikan sepertil lagu: Mana di mana)

 

SMA :Mana di mana adik akan sekolah

SMP  :Saya akan sekolah di SMP Islamiyah

           Mana di mana kakak akan sekolah

SMA  :Saya akan sekolah di SMA Islamiyah

SMP   : SMP Islamiyah oke

SMA  : SMA Islamiyah oke

(SMP + SMA) : SMP, SMA semuanya oke

 

SENANG ISLAMIYAH

(Nyanyika seperti lagu : Di sini senang)

 

SMA :  Di sana senang di situ senang

SMP  :  Di sini saya sangat senang

SMP :  Di sana senang di situ senang

SMA :  Di sini saya sangat senang

(SMP + SMA)  : La lalala ………….

 Di sini saya sangat merasa senang     2X

(SMP + SMA) teriak : Horeeeeeeeee……….!!!  

 

 

 

ALBUM FOTO LINGKUNGAN SEKOLAH

Siswa SMA Islamiyah dalam

olimpiade Matematiaka di Kab. Gresik

 

Aktif mengikuti kegiatan PHBN

Kegitan siswa SMP + SMA di Aula “GUS DUR”

 

Study wisata dan praktik di alam terbuka tentang perpaduan antara Grafitasi (Fisika) dan Keseimbangan (Matematika)

SMA Islamiyah sebagai Finalis sepak takraw tingkat kecamatan

Pintu masuk ke area sekolah

Area parkir kendaraan siswa

 

Gedung sekolah tiga tingkat, Musolla dua tingkat, Pentas, dan

Lapangan Olahraga

Area parkir kendaraan guru dan tamu

Pentas sekolah permanen model Dhurung

 

Siswa SMA sebagai semi finalis KMNR

(Kompetisi Matematika Nalaria Realitik) di Surabaya

Musolla dua tingkat dilengkapi dengan tempat wuduk, jeding,



MENINGKATKAN MOTIVASI DIRI

 

 

 

 

 

 

 

ADA DUA JENIS MOTIVASI ;

  1. MOTIVASI DARI DALAM
  2. MOTIVASI DARI LUAR

Manakah diantara keduanya yang lebih penting?  DUA DUANYA SAMA PENTING

Bagaimana cara meningkatkan motivasi diri?

Manusia Lahir dengan Kemampuan dan Kecerdasan yg Berbeda-beda

Cerdas  saja tidak  cukup

Kecerdasan/ IQ dan pengetahuan penting tapi ada yang lebih penting daripada IQ yaitu I CAN

Your i can is much more important than your IQ

 

KEMAUAN JAUH LEBIH PENTING DARIPADA KECERDASAN

Kecerdasan tidak akan bisa mengantarkan kita pada kesuksesan kalau tidak disertakan dengan kemauan

Kemauan akan bisa membawa kita jauh melebihi orang yang cerdas untuk bisa mencapai puncak kesuksesan.

  1. AKTOR KESUKSESAN PALING BERPENGARUH:
  • Kejujuran, disiplin, mudah bergaul, dukungan orang terdekat, kerja keras, kecintaan kepada yg dikerjakan, kepemimpinan, kepribadian kompetitif, hidup teratur, kemampuan menjual ide.
  • Berusaha PINDAH POSISI dari ZONA “NYAMAN” menuju zona Perjuangan
  • Tidak ada mawar yang tidak berduri, Lautan pasti bergelombang.b
  • Bangkit dari zona “nyaman” menuju zona perjuangan untuk mencapai puncak kesuksesan
  • Pentingnya PUBLIK FIGUR

Publik figur dalam hal ini idola sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter karena kecenderungan seseorang akan selalu meniru gaya hidup dan tingkah laku dari seseorang yang diidolakan.

  • Manusia Lahir dengan Kemampuan dan Kecerdasan yg Berbeda-beda
  • CERDAS SAJA TIDAK  CUKUP`1

Kecerdasan/ IQ dan pengetahuan penting tapi ada yang lebih penting daripada IQ yaitu I CAN

YOUR I CAN IS MUCH MORE IMPORTANT THAN YOUR IQ. Kemauan jauh lebih penting daripada kecerdasan. Kecerdasan tidak akan bisa mengantarkan kita pada kesuksesan kalau tidak disertakan dengan kemauan. Kemauan akan bisa membawa kita jauh melebihi orang yang cerdas untuk bisa mencapai puncak kesuksesan.

 

  1. FAKTOR KESUKSESAN PALING BERPENGARUH
  • Kejujuran, disiplin, mudah bergaul, dukungan orang terdekat, kerja keras, kecintaan kepada yg dikerjakan, kepemimpinan, kepribadian kompetitif, hidup teratur, kemampuan menjual ide.
  • Berusaha PINDAH POSISI dari ZONA “NYAMAN”
  • Tidak ada mawar yang tidak berduri, Lautan pasti bergelombang
  • Bangkit dari zona “nyaman” menuju zona perjuangan untuk mencapai puncak kesuksesan

 

 

 

  • Pentingnya PUBLIK FIGUR

Publik figur dalam hal ini idola sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter karena kecenderungan seseorang akan selalu meniru gaya hidup dan tingkah laku dari seseorang yang diidolakan

 

Kumpulan Kata- Kata Bijak Untuk Memotivasi Diri

“orang- orang besar sepanjang sejarah adalah mereka yang lebih banyak bekerja daripada bicara.” (Habiburrahman el Shirazy)

 

“yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran ( yang kau jalani), yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit.” ( Sayyidina Ali bin Abi Thalib)

 

“janganlah Pernah menyerah ketika anda masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai anda berhenti mencoba” (Bian)

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEGIATAN

EKSTRAKURIKULER

SMP-SMA ISLAMIYAH BAWEAN

 

  • Pengertian Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler atau ekskul ini adalah salah satu kegiatan atau aktivitas tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah itu dengan tujuan untuk bisa mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan serta wawasan dan juga membantu di dalam membentuk karakter peserta didik itu sesuai dengan minat serta bakat tiap-tiap individu.

 

  • Tujuan Ekstrakurikuler

Dengan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 mengenai pembinaan kesiswaan, tujuan dari kegiatan atau aktivitas ekstrakurikuler diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengembangkan potensi siswa itu dengan secara optimal serta terpadu yang melingkupi bakat, minat, serta kreativitas.
  2. Memantapkan kepribadian siswa untuk dapat mewujudkan ketahanan sekolah ialah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dari pengaruh negatif serta bertentangan itu dengan tujuan pendidikan.
  3. Mengaktualisasi potensi siswa di dalam pencapaian potensi unggulan sesuai bakat serta minat.
  4. Menyiapkan peserta didik itu supaya dapat menjadi warga masyarakat yang mempunyai akhlak mulia, yang demokratis, yang menghormati hak-hak asasi manusia (HAM) di dalam rangka mewujudkan sebuah masyarakat mandiri (civil society).

 

 

 

  • Kegiatan ekstrakurikuler
  1. Olahraga
  • Bola voli
  • Sepak bola
  • Sepak takraw
  1. Seni
  • Musik
  • Drumband
  • Teater
  1. Komputer

 

  • Profil Pembina Ekstrakurikuler

Profil Pembina ekstrakurikuler Olahraga

 

NAMA                  : WAHYUDIANTO, S.Or

TTL                          : Gresik, 23 Juli 1985

JABATAN              : Kepsek SMP ISLAMIYAH dan Pembina Ektrakurikuler olahraga

Pengalaman       : anggota wasit bola voli tingkat nasional, anggota wasit sepak bola tingkat kabupaten,

   anggota wasit sepak takraw tingkat kabupaten.

 

Profil Pembina ekstrakurikuler Komputer

NAMA                  : Saiful Ahzan, S.Sos

TTL                          : Gresik, 17 Agustus 1987

JABATAN              : Kepala TU SMA ISLAMIYAH dan Pembina Ekstrakurikuler Komputer

 

Profil Pembina ekstrakurikuler seni

NAMA : Mohammad Ainul Magfirah

JABATAN             : Guru SBK dan Pembina

 

  • Jadwal ekstrakurikuler

HARI

EKSTRAKURIKULER

JAM

KETERANGAN

SENIN

KOMPUTER

13.00 WIB

 

SELASA

BOLA VOLI PUTRI DAN SEPAK TAKRAW

15.00 WIB

 

RABU

KOMPUTER

13.00 WIB

 

KAMIS

 

 

 

JUM’AT

BOLA VOLI PUTRA

15.00 WIB

 

SABTU

BOLA VOLI PUTRI DAN SENI

15.00 WIB

 

MINGGU

SEPAK BOLA

15.00 WIB

 

 

  • PRESTASI
  • Bidang olahraga
    • Juara 1 BOLA VOLI Tingkat SMA PORSEMA tahun 2012
    • Juara 1 Futsal Tahun 2015
    • Juara 3 Futsal Tahun 2016
    • Juara 2 Turnamen Bola voli tingkat SMA Se Bawean 2013 Di Kepuh Teluk
    • Juara 2 Turnamen Sepak takraw piala bupati 2017
    • Juara 1 sepak takraw putri tingkat smp 2018 dan 2019
    • Juara 1 bola voli tingkat sma di PORSENI Kecamatan
  • Bidang seni
  • Pernah pentas teater di singapura
  • Juara lomba puisi
  • Juara 1 lomba drama tingkat kabupaten

 

KEGIATAN EKSTRA KEAGAMAAN

 

  1. Pengertian Iman

Kata iman berasal dari bahasa Arab yang artinya percaya. Menurut istilah, iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan tindakan (perbuatan). Dengan demikian, iman kepada Allah adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah itu benar-benar ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaanNya, kemudian pengakuan itu diikrarkan dengan lisan, serta dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata.

 

  1. Pengertian Taqwa

Dari segi bahasa berasal daripada perkataan “wiqayah”  yang diartikan “memelihara”. Maksud dari pemeliharaan itu adalah memelihara hubungan baik dengan Allah SWT., memelihara diri daripada sesuatu yang dilarangNya. Melaksanakan segala titah perintahNya dan meninggalkan segala laranganNya. Iman dan taqwa dalam beberapa ayat al Qur’an maupun hadits Nabi disebutkan antara lain dikaitan dengan rukun iman, manifestasi iman, tanda-tanda orang yang beriman, penghargaan atau janji Allah pada orang-orang yang beriman sebagai berikut:

Rukun iman:

??? ???????? ????????? ???????? ???????? ????????? ??????????? ???????????? ??????? ??????? ????? ????????? ???????????? ??????? ???????? ???? ?????? ?????? ???????? ????????? ??????????????? ?????????? ?????????? ??????????? ????????? ?????? ????? ???????? ????????

“Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan kepada Kitab yang Allah turunkan kepada rasul-Nya serta Kitab yang Allah turunkan sebelumnya. barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari Kemudian, Maka Sesungguhnya orang itu Telah sesat sejauh-jauhnya” (al Nisa’: 136 ).

 

Manifestasi orang beriman:

?? ??? ????? ??? ??? ???? ????  ??? ???? ???? ????  ??   ?? ??? ???? ?????  ?????? ????? ??? ??? ???? ??? ??? ???? ????? ?????? ????? ?????? ???? ??? ??? ???? ????? ?????? ????? ????? ???? ?? ?????

Artinya:

Dari Abu Hurairah ia berkata Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir maka janganlah ia menyakiti tetangganya, barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memulyakan tamunya, serta barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka berkatalah dengan santun atau lebih baik diam”

 

?? ??? ?? ???? ?? ?????  ??? ???? ???? ???? ??? ?? ?? ???? ?????  ??? ??? ????? ?? ??? ????? ?? ??? ?????

Artinya :

Dari Anas bin Malik Rasulullah bersabda “tidaklah dikatakan beriman (secara sempurna) seseorang diantara kalian sehingga ia mencintai saudara atau tetangganya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri”

 

????????? ??????????? ??? ??????????? ????????????? ??????????????? ????????? ???????????? ???? ???????? ????????? ??????? ?????????????? (134)

Artinya:

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.(QS. Ali Imran: 134)

Tanda-tanda orang yang beriman:

??????????? ????? ???????? ????????? ???? ???????? ???????????? ???????? ??????? ??????????????? ????????????? ?????? ???????? ?????????? ?????? ??????? ?????? ????????? ????? ??? ???????? ?????? ??????????? (135)

Artinya:

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri[229], mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka Mengetahui.(QS. Ali Imran:134)

 

Penghargaan bagi orang beriman:

????????? ????????? ???????? ?????????? ????????????? ????? ?????? ???????? ??????? ???? ????????? ???????????? ???????? ???????? ??????? ???? ???????? ??????? ??????? ????? ??????? ????????? ???? ?????? ???????? ???? ???????????? ???????? ?????? ????????? ??????????? ?????? ?????? ?????????? (?????? :25)

Artinya:

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang Suci dan mereka kekal di dalamnya[QS. Al Baqarah:32].

 

Demikian pula pengertian taqwa dikaitkan pula dengan tanda-tanda orang yang bertaqwa atau manifestasi taqwa serta penghargaan Allah terhadap orang-orang yang bertaqwa sebagai berikut:

Tanda orang bertaqwa:

????????? ??????????? ??? ??????????? ????????????? ??????????????? ????????? ???????????? ???? ???????? ????????? ??????? ?????????????? (134)

Artinya:

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.(QS. Ali Imran: 134)

 

??????????? ????? ???????? ????????? ???? ???????? ???????????? ???????? ??????? ??????????????? ????????????? ?????? ???????? ?????????? ?????? ??????? ?????? ????????? ????? ??? ???????? ?????? ??????????? (135)

Artinya:

 135.Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri[229], mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka Mengetahui.(QS. Ali Imran:135)

Penghargaan bagi mereka yang bertakwa:

????????? ??????????? ?????????? ???? ????????? ?????????? ??????? ???? ????????? ???????????? ?????????? ?????? ???????? ?????? ????????????? (136)

Artinya:

Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan Itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.(al Imran:136)

 ????? ????????????? ??? ???????? ????????? (15)

Artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam surga (taman-taman) dan (di dekat) mata air-mata air (yang mengalir). (al Hijr: 45)

Iman kepada Allahmerupakan pokok keimanan yang menjiwai seluruh rukun iman lainnya yakni suatu kepercayaan yang mantap dan kepercayaan itu menyebabkan orang tersebut melakukan kehidupannya sesuai dengan keimanannya itu. Keimanan seseorang tidak dapat diketahui dari kepercayaan dan ucapannya saja, keimanan seseorang dapat diketahui dari perbuatannya dalam menja

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan modul Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk peserta MPLS SMP/SMA Islamiyah. Modul ini disusun dengan menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan belajar (Student Center). Modul ini juga dilengkapi dengan materi pengenalan lingkungan sekolah untuk pemahaman siswa.

Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan modul ini. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran demi perbaikan dan kesempurnaan modul ini.

Kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu proses penyelesain modul ini, terutama dosen pengampu mata kuliah pengembangan bahan ajar panitia MPLS SMP/SMA Islamiyah. Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya para peserta MPLS SMP/SMA Islamiyah ditahun ajaran 2020-2021.

 

Tambak, 10 Juli 2020

 

 

Penyusun

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR. i

DAFTAR ISI ii

MARS ISLAMIYAH.. 1

TATA KRAMA DAN TATA TERTIB. 2

KEHIDUPAN SOSIAL SEKOLAH.. 2

MENGENAL. 7

LINGKUNGAN SEKOLAH.. 7

ALBUM FOTO LINGKUNGAN SEKOLAH.. 9

MENINGKATKAN MOTIVASI DIRI 10

KEGIATAN.. 11

EKSTRAKURIKULER SMP-SMA ISLAMIYAH BAWEAN.. 11

KEGIATAN EKSTRA KEAGAMAAN.. 13

 

MARS ISLAMIYAH

Ciptaan: MOHAMMAD NUH, S.H (ALUMNI)

 
   

 

 

Bersamamu Islamiyah Tercinta

Derap Langkahku Ayunkan Segera

Demi Raih Cita Suci Mulia

Bagimu Islam Dan Indonesia

Disepakati di Sekolah Ini

Kami Telah Ikrarkan Satu Janji

Teguh Nian Amalkan Trilogi

Berilmu, Beramal, Dan Bertaqwa

 

Islamiyah Senantiasa Berjaya (*)

Mencerdaskan Tunas Bangsa

Berbekalkan Keterampilan

Berkarya Memacu Prestasi

Berlandaskan Pancasila

Berjuang Memajukan Negeri

(diulang lagi *) 

 

 

 

TATA KRAMA DAN TATA TERTIB

KEHIDUPAN SOSIAL SEKOLAH

 

BAB 1

KETENTUAN UMUM

  1. Tata krama dan tata tertib ini dimaksudkan sebagai rambu-rambu bagi peserta didik dalam bersikap, berucap, dan bertingkah laku pada kegiatan sehari-hari di sekolah dalam rangka menciptakan iklim dan kultur sekolah yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang efektif.
  2. Tata krama dan tata tertib sekolah ini dibuat berdasarkan nilai-nilai yang dianut sekolah dan masyarakat sekitar, meliputi nilai ketakwaan, sopan santun, pergaulan, kedisiplinan, dan keamanan serta nilai-nilai yang dapat mendukung terciptanya suasana belajar yang kondusif.
  3. Tata krama dan tata tertib sekolah yang dicetak dalam bentuk buku saku peserta didik ini wajib dimiliki oleh setiap peserta didik dan selalu di bawa ke sekolah.
  4. Setiap peserta didik wajib melaksanakan dan mematuhi ketentuan yang tercantum dalam tata krama dan tata tertib ini dengan kesadaran dan tanggung jawab.

 

PASAL 1

PAKAIAN SEKOLAH

  1. Pakaian seragam

Peserta didik wajib mengenakan seragam sekolah dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Umum
  • Sopan dan rapi sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Baju atasan putih - bawahan putih (Senin), baju atasan putih – bawahan dongker (SMP) abu-abu (SMA) (Selasa - Kamis), baju pramuka (Jum’at, Sabtu)
  • Memakai badge identitas sekolah
  • Kerudung (untuk peserta didik perempuan) dan ikat pinggang dengan identitas sekolah
  • Pakaian tidak terbuat dari kain yang tipis dan tembus pandang, tidak ketat, dan tidak membentuk tubuh.
  1. Khusus laki-laki
  • Baju dimasukkan ke dalam celana
  • Panjang celana sesuai dengan ketentuan
  • Celana dan baju tidak dimodiskan
  1. Khusus perempuan
  • Baju dimasukkan ke dalam rok
  • Panjang rok sesuai dengan ketentuan (panjang rok sampau ke mata kaki)
  • Kerudung berwarna putih (Senin), biru dongker (SMP) abu-abu (SMA) (Selasa – Kamis), Coklat (Jum’at, Sabtu)
  • Lengan baju tidak digulung
  • Rok dan baju tidak dimodiskan
  1. Pakaian Olahraga

Untuk pelajaran olahraga, peserta didik wajib memakai pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.

 

PASAL 2

RAMBUT, KUKU, TATO DAN MAKE-UP

  1. Umum

Peserta didik dilarang :

  1. Memanjangkan kuku
  2. Mengecat rambut
  3. Bertato
  4. Khusus laki-laki
  5. Tidak berambut panjang
  6. Tidak memodis rambut
  7. Tidak memakai aksesoris yang tidak mencerminkan pribadi peserta didik (kalung, anting-anting, gelang)
  8. Khusus perempuan
  9. Tidak memakai kerudung yang tidak sesuai dengan ketentuan sekolah
  10. Tidak memakai aksesoris yang tidak mencerminkan pribadi peserta didik (perhiasan dan make-up yang berlebihan)

 

PASAL 3

HANDPHONE

Peserta didik dilarang membawa handphone ke sekolah (kecuali ada kepentingan untuk jenis pembelajaran tertentu).

 

PASAL 4

MASUK DAN PULANG SEKOLAH

  1. Peserta didik wajib hadir sebelum bel masuk dibunyikan
  2. Peserta didik yang terlambat datang kurang dari 15 menit harus lapor kepada Wk. Kepala Sekolah (SMP), Wk. Kesiswaan (SMA) dan diizinkan masuk kelas
  3. Peserta didik yang terlambat datang lebih dari 15 menit harus lapor kepada Wk. Kepala Sekolah (SMP), Wk. Kesiswaan (SMA) dan diberikan sanksi
  4. Selama pelajaran berlangsung dan pada pergantian jam pelajaran peserta didik diharapkan tenang dan tetap berada di dalam kelas
  5. Pada waktu pulang diwajibkan langsung meninggalkan sekolah menuju ke rumah, kecuali bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan tambahan di sekolah

 

 

PASAL 5

KEBERSIHAN, KEDISIPLINAN DAN KETERTIBAN

  1. Setiap kelas dibentuk tim piket kelas yang secara berglliran bertugas menjaga kebersihan dan ketertiban kelas
  2. Setiap tim piket bertugas hendaknya menyiapkan dan memelihara perlengkapan kelas yang terdiri dari :
  3. Penghapus papan tulis, board maker (spidol), dan papan tulis
  4. Sapu, alat pel, dan kotak sampah
  5. Bangku-bangku dan meja sebelum pelajaran dimulai
  6. Peserta didik membiasakan menjaga kebersihan ruangan kelas, kamar kecil atau toilet, halaman dan kebun sekolah
  7. Peserta didik membiasakan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan /kotak sampah
  8. Setiap peserta didik membiasakan budaya antri dalam mengikuti berbagai kegiatan sekolah dan luar sekolah yang berlangsung bersama-sama
  9. Setiap peserta didik menjaga suasana ketenangan belajar baik di kelas, perpusatakaan, laboratorium maupun di tempat lain di lingkugan sekolah
  10. Setiap peserta didik menaati jadwal kegiatan sekolah
  11. Setiap peserta didik agar menyelesaikan tugas yang diberikan di sekolah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan

 

 

 

 

 

PASAL 6

SOPAN SANTUN PERGAULAN

Dalam pergaulan sehari-hari di sekolah, peserta didik hendaknya :

  1. Mengucapkan salam terhadap teman kepala sekolah, guru, dan pegawai sekolah apabila baru bertemu pada waktu pagi/siang hari atau akan berpisah pada waktu siang/sore hari dengan cara bersalaman
  2. Menghormati sesama peserta didik, menghargai perbedaan latar belakang sosial dan budaya yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik, baik di sekolah maupun di luar sekolah
  3. Menghormati ide, pikiran, dan pendapat, hak cipta orang lain dan hak milik teman dan warga sekolah
  4. Berani menyatakan yang salah adalah salah dan menyatakan sesuatu yang benar adalah benar
  5. Menyatakan pendapat sesuai dengan prosedur dan sopan tanpa menyinggung perasaan orang lain
  6. Membiasakan diri mengucapkan terima kasih apabila mendapatkan bantuan atau jasa orang lain
  7. Berani mengakui kesalahan yang terlanjur telah dilakukan dan meminta maaf apabila merasa melanggar hak orang lain atau berbuat salah kepada orang lain
  8. Menggunakan bahasa yang sopan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua dan teman sejawat, dan tidak menggunakan kata-kata kotor, kasar, cacian, dan pornografi

 

PASAL 7

UPACARA BENDERA DAN PERINGATAN HARI-HARI BESAR

  1. Upacara Bendera Setiap Hari Senin

Setiap peserta didik wajib mengikuti upacara bendera setiap hari Senin dengan memakai pakaian seragam lengkap sebagaimana yang telah ditentukan oleh sekolah

  1. Peringatan Hari-hari Besar
  2. Setiap peserta didik wajib mengikuti kegiatan hari-hari besar nasional seperti upacara Hari Kemerdekaan, Hari Santri Nasional, dll yang diselenggarakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  3. Setiap peserta didik wajib mengikuti kegiatan-kegiatan peringatan keagamaan seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Israj Mi’raj, dll

 

PASAL 8

KEGIATAN KEAGAMAAN

Setiap peserta didik wajib mengikuti  kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh sekolah.

 

PASAL 9

LARANGAN-LARANGAN

  1. Merokok, meminum minuman keras, mengedarkan dan mengkonsumsi narkotika, obat psikotropika, obat terlarang lainnya dan berpacaran di lingkungan sekolah
  2. Berkelahi baik perorangan maupun kelompok di dalam sekolah ataupun di luar sekolah.
  3. Membuang sampah tidak pada tempatnya
  4. Mencoret dinding bangunan, pagar sekolah, perabot dan peralata sekolah lainnya
  5. Berbicara kotor, mengumpat, bergunjing, menghina, menyapa antar sesama peserta didik atau warga sekolah lainnya dengan kata sapaan atau panggilan tidak senonoh
  6. Membawa barang yang tidak ada hubungannya dengan kepentingan kegiatan sekolah atau kegiatan belajar mengajar, mengganggu dan membahayakan keselamatan orang lain.
  7. Membawa, membaca, menonton, mengedarkan bacaan, gambar, sketsa, audio, video porno
  8. Membawa kartu atau alat permainan judi dan bermain judi

 

 

 

 

PASAL 10

PENJELASAN TAMBAHAN

  1. Rambut peserta didik dinyatakan panjang apabila rambut belakang melampaui kerah baju, rambut samping melapaui telinga, rambut bagian depan bila disisir ke depan menutupi alis mata
  2. Yang dimaksud dengan alat kartu/ alat judi adalah semua jenis peralatan yang digunakan untuk bermain judi
  3. Pemanggilan orang tua peserta didik tidak dapat diwakilkan
  4. Sesuatu hal yang belum tercantum dalam peraturan ini, akan dipertimbangkan dan diputuskan melalui musyawarah dewan guru

BAB II

PELANGGARAN DAN SANGSI

Peserta didik yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan yang tercantum dalam tatakrama dan tata tertib kehidupan sosial sekolah diperhitungkan sesuai table poin yang terus diakumulasikan dan selanjutnya dikenakan sangsi sesuai dengan poin yang diperoleh.

Sangsi-sangsi tersebut meliputi:

  1. Teguran
  2. Penugasan
  3. Surat pernyataan
  4. Pemanggilan orang tua beserta surat pernyataan terakhir (bermaterai)
  5. Dikembaliakn kepada orang tua

TABEL

BENTUK PELANGGARAN DAN POIN PELANGGARAN

 

A

PELANGGARAN RINGAN

NO

BENTUK PELANGGARAN

KODE

POIN

1

Terlambat masuk sekolah

01

5

2

Tanpa atribut sekolah

02

5

3

Tidak bersepatu dan berkaos kaki

03

5

4

Tidak berpakaian rapi/ dimodelkan

04

5

5

Memakai jaket, sweater atau rompi di sekolah tanpa ada izin

05

5

6

Memakai topi saat upacara bendera

06

5

7

Memakai aksesoris

07

5

8

Tidak memakai ikat pinggang sekolah

08

5

9

Keluar masuk ruang tanpa izin guru

09

5

10

Terlambat masuk setelah istirahat

10

5

11

Tidak memerhatikan saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

11

5

12

Membuang sampah sembarangan

12

5

13

Berkuku panjang bagi putra-putri

13

5

14

Tidak piket kelas

14

5

15

Pemalsuan identitas (memakai atribut, kartu atau tanda pengenal sekolah lain)

15

10

16

Pakaian dicoret-coret

16

10

17

Tidak memakai seragam olahraga pada saat jam pelajaran olahraga

17

10

18

Tidak mengikuti kegiatan pembinaan keagamaan tanpa alasan yang jelas

18

10

19

Memakai make up dan perhiasan yang berlebihan bagi putri

19

10

20

Tidak patuh kepada instruksi guru

20

10

B

PELANGGARAN SEDANG

1

Tidak megikuti upacara bendera

21

15

2

Pulang sekolah sebelum pelajaran selesai

22

15

3

Kabur ketika jam pelajaran

23

20

4

Bawa HP ke sekolah (kecuali ada pembelajaran yang memerlukan HP)

24

20

5

Membawa komik, majalah/ novel

25

20

6

Alpha 3 hari tanpa keterangan

26

25

7

Membuat keterangan palsu

27

25

8

Rambut panjang (L)

28

50

9

Rok 5cm di atas mata kaki (P)

29

50

10

Celana ketat bagi laki-laki

30

50

11

Mengecat rambut dan bertato (L/P)

31

50

12

Pelecehan terhadap siswi/ perempuan 

32

50

13

Merusak fasilitas sekolah

33

50

14

Ribut/ mengganggu proses belajar mengajar

34

50

15

Pacaran di lingkungan sekolah

35

50

16

Mengganggu barang/ kendaraan guru, staff dan peserta didik lain

36

50

17

Pemalsuan nilai dan tanda tangan kepala sekolah, guru dan staff tat usaha

37

100

C

PELANGGARAN BERAT

1

Melawan/ menghina/ mengejek kepala sekolah, guru dan staff

38

125

2

Meloncat pagar sekolah

39

125

3

Berkelahi/ tawuran

40

125

4

Membawa senjata tajam

41

125

5

Mencuri

42

125

6

Membawa buku, kaset, VCD porno

43

125

7

Menodong/ mengompas

44

150

8

Melabrak teman/ adik kelas

45

125

9

Perjudian

46

150

10

Pengeroyokan/ pemukulan

47

150

11

Adu domba/ provokasi

48

125

12

Mabuk dan mengajak teman

49

150

13

Pencemaran nama baik sekolah

50

150

14

Hamil/ menghamili

51

200

15

Merokok/ membawa rokok

52

150

16

Mengintimidasi/ meneror teman

53

125

17

Pemakai/ pengedar narkotik

54

200

18

Perkosaan/ berzina

55

200

19

Mengubah nilai raport dan data dalam raport

56

200

20

Penganiayaan terhadap kepala sekolah, guru dan staff TU

57

200

 

TABEL

POINT DAN SANGSI

NO

JUMLAH POIN

SANKSI

PELAKSANA

KETERANGAN

1

30

Teguran

Wali kelas

Tembusan ke BK

2

75

Pemanggilan orang tua ke-1

Wali kelas dan BK

Tembusan ke kepala sekolah/ wakil kepala sekolah

3

100

Pemanggilan orang tua ke-2

Wali kelas dan BK

Tembusan ke kepala sekolah/ wakil kepala sekolah

4

150

Pemanggilan orang tua ke-3

Wali kelas, BK dan Wk. Kepala Sekolah (SMP), Wk. Kesiswaan (SMA)

Tembusan ke kepala sekolah

5

200

Dikembalikan kepada orang tua

Kepala sekolah

Tembusan ke yayasan dan KAdiknas

 

 

MENGENAL

LINGKUNGAN SEKOLAH

PROFIL SEKOLAH

VISI MISI

Unggul Dalam Iptek

Mulia Dalam Imtaq

 

Demi Mewujudkan Siswa yang Unggul dalam Iptek

Sekolah mendidik, membimbing, dan menyiapkan sarana pendukung agar siswa memiliki :

  • Kemampuan yang unggul bidang akademik
  • Keterampilan yang mumpuni bidang non akademik
  • Iman yang kuat dan Taqwa kepada Allah SWT
  • Cinta NKRI dan setia pada Pancasila

Untuk Meningkatkan Iman dan Taqwa Siswa

  • Sekolah menyediakan sarana yang representatif
  • Sekolah menyiapkan pembimbing keagamaan (intern / extern)
  • Sekolah melaksanakan kegiatan keagamaan rutin
  • Sekolah aktif dalam mengisi / melaksanakan kegiatan PHBI
  • Mendidik siswa agar anti dan benci NARKOBA

Sarana Penunjang Bidang Akademik

  • Guru yang ahli sesuai jurusan
  • Ruang Laboratorium Bahasa
  • Ruang Laboratorium IPA
  • Ruang Perpustakaan
  • Ruang IT
  • Ruang Komputer
  • Tempat Praktik Yang Memadai
  • Dll

Sarana Penunjang Bidang Non Akademik

  • Lapangan Olahraga dengan pelatih yang ahli guna mencapai olahraga prestasi
  • Pentas dan peralatan seni dengan pelatih yang ahli guna mencapai seni prestasi
  • Ruang BES (Badan Eksekutif Siswa) dan pembinaan BES bidang kepemimpinan dan organisasi oleh Pembina yang ahli
  • Musholla

Sarana Penunjang Lainnya

  • Pagar sekolah (berpintu)
  • Aula “Gus Dur”
  • Tempat parkir (berpintu)
  • Koperasi “Mahardika”
  • Kantin “Nyaot” (nyaman ongghu toghelan)
  • Kamar mandi & WC
  • Dll

CINTA ISLAMIYAH

( Nyanyikan sepertil lagu: Mana di mana)

 

SMA :Mana di mana adik akan sekolah

SMP  :Saya akan sekolah di SMP Islamiyah

           Mana di mana kakak akan sekolah

SMA  :Saya akan sekolah di SMA Islamiyah

SMP   : SMP Islamiyah oke

SMA  : SMA Islamiyah oke

(SMP + SMA) : SMP, SMA semuanya oke

 

SENANG ISLAMIYAH

(Nyanyika seperti lagu : Di sini senang)

 

SMA :  Di sana senang di situ senang

SMP  :  Di sini saya sangat senang

SMP :  Di sana senang di situ senang

SMA :  Di sini saya sangat senang

(SMP + SMA)  : La lalala ………….

 Di sini saya sangat merasa senang     2X

(SMP + SMA) teriak : Horeeeeeeeee……….!!!  

 

 

 

ALBUM FOTO LINGKUNGAN SEKOLAH

Siswa SMA Islamiyah dalam

olimpiade Matematiaka di Kab. Gresik

 

Aktif mengikuti kegiatan PHBN

Kegitan siswa SMP + SMA di Aula “GUS DUR”

 

Study wisata dan praktik di alam terbuka tentang perpaduan antara Grafitasi (Fisika) dan Keseimbangan (Matematika)

SMA Islamiyah sebagai Finalis sepak takraw tingkat kecamatan

Pintu masuk ke area sekolah

Area parkir kendaraan siswa

 

Gedung sekolah tiga tingkat, Musolla dua tingkat, Pentas, dan

Lapangan Olahraga

Area parkir kendaraan guru dan tamu

Pentas sekolah permanen model Dhurung

 

Siswa SMA sebagai semi finalis KMNR

(Kompetisi Matematika Nalaria Realitik) di Surabaya

Musolla dua tingkat dilengkapi dengan tempat wuduk, jeding,



MENINGKATKAN MOTIVASI DIRI

 

 

 

 

 

 

 

ADA DUA JENIS MOTIVASI ;

  1. MOTIVASI DARI DALAM
  2. MOTIVASI DARI LUAR

Manakah diantara keduanya yang lebih penting?  DUA DUANYA SAMA PENTING

Bagaimana cara meningkatkan motivasi diri?

Manusia Lahir dengan Kemampuan dan Kecerdasan yg Berbeda-beda

Cerdas  saja tidak  cukup

Kecerdasan/ IQ dan pengetahuan penting tapi ada yang lebih penting daripada IQ yaitu I CAN

Your i can is much more important than your IQ

 

KEMAUAN JAUH LEBIH PENTING DARIPADA KECERDASAN

Kecerdasan tidak akan bisa mengantarkan kita pada kesuksesan kalau tidak disertakan dengan kemauan

Kemauan akan bisa membawa kita jauh melebihi orang yang cerdas untuk bisa mencapai puncak kesuksesan.

  1. AKTOR KESUKSESAN PALING BERPENGARUH:
  • Kejujuran, disiplin, mudah bergaul, dukungan orang terdekat, kerja keras, kecintaan kepada yg dikerjakan, kepemimpinan, kepribadian kompetitif, hidup teratur, kemampuan menjual ide.
  • Berusaha PINDAH POSISI dari ZONA “NYAMAN” menuju zona Perjuangan
  • Tidak ada mawar yang tidak berduri, Lautan pasti bergelombang.b
  • Bangkit dari zona “nyaman” menuju zona perjuangan untuk mencapai puncak kesuksesan
  • Pentingnya PUBLIK FIGUR

Publik figur dalam hal ini idola sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter karena kecenderungan seseorang akan selalu meniru gaya hidup dan tingkah laku dari seseorang yang diidolakan.

  • Manusia Lahir dengan Kemampuan dan Kecerdasan yg Berbeda-beda
  • CERDAS SAJA TIDAK  CUKUP`1

Kecerdasan/ IQ dan pengetahuan penting tapi ada yang lebih penting daripada IQ yaitu I CAN

YOUR I CAN IS MUCH MORE IMPORTANT THAN YOUR IQ. Kemauan jauh lebih penting daripada kecerdasan. Kecerdasan tidak akan bisa mengantarkan kita pada kesuksesan kalau tidak disertakan dengan kemauan. Kemauan akan bisa membawa kita jauh melebihi orang yang cerdas untuk bisa mencapai puncak kesuksesan.

 

  1. FAKTOR KESUKSESAN PALING BERPENGARUH
  • Kejujuran, disiplin, mudah bergaul, dukungan orang terdekat, kerja keras, kecintaan kepada yg dikerjakan, kepemimpinan, kepribadian kompetitif, hidup teratur, kemampuan menjual ide.
  • Berusaha PINDAH POSISI dari ZONA “NYAMAN”
  • Tidak ada mawar yang tidak berduri, Lautan pasti bergelombang
  • Bangkit dari zona “nyaman” menuju zona perjuangan untuk mencapai puncak kesuksesan

 

 

 

  • Pentingnya PUBLIK FIGUR

Publik figur dalam hal ini idola sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter karena kecenderungan seseorang akan selalu meniru gaya hidup dan tingkah laku dari seseorang yang diidolakan

 

Kumpulan Kata- Kata Bijak Untuk Memotivasi Diri

“orang- orang besar sepanjang sejarah adalah mereka yang lebih banyak bekerja daripada bicara.” (Habiburrahman el Shirazy)

 

“yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran ( yang kau jalani), yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit.” ( Sayyidina Ali bin Abi Thalib)

 

“janganlah Pernah menyerah ketika anda masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai anda berhenti mencoba” (Bian)

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEGIATAN

EKSTRAKURIKULER

SMP-SMA ISLAMIYAH BAWEAN

 

  • Pengertian Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler atau ekskul ini adalah salah satu kegiatan atau aktivitas tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah itu dengan tujuan untuk bisa mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan serta wawasan dan juga membantu di dalam membentuk karakter peserta didik itu sesuai dengan minat serta bakat tiap-tiap individu.

 

  • Tujuan Ekstrakurikuler

Dengan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 mengenai pembinaan kesiswaan, tujuan dari kegiatan atau aktivitas ekstrakurikuler diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengembangkan potensi siswa itu dengan secara optimal serta terpadu yang melingkupi bakat, minat, serta kreativitas.
  2. Memantapkan kepribadian siswa untuk dapat mewujudkan ketahanan sekolah ialah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dari pengaruh negatif serta bertentangan itu dengan tujuan pendidikan.
  3. Mengaktualisasi potensi siswa di dalam pencapaian potensi unggulan sesuai bakat serta minat.
  4. Menyiapkan peserta didik itu supaya dapat menjadi warga masyarakat yang mempunyai akhlak mulia, yang demokratis, yang menghormati hak-hak asasi manusia (HAM) di dalam rangka mewujudkan sebuah masyarakat mandiri (civil society).

 

 

 

  • Kegiatan ekstrakurikuler
  1. Olahraga
  • Bola voli
  • Sepak bola
  • Sepak takraw
  1. Seni
  • Musik
  • Drumband
  • Teater
  1. Komputer

 

  • Profil Pembina Ekstrakurikuler

Profil Pembina ekstrakurikuler Olahraga

 

NAMA                  : WAHYUDIANTO, S.Or

TTL                          : Gresik, 23 Juli 1985

JABATAN              : Kepsek SMP ISLAMIYAH dan Pembina Ektrakurikuler olahraga

Pengalaman       : anggota wasit bola voli tingkat nasional, anggota wasit sepak bola tingkat kabupaten,

   anggota wasit sepak takraw tingkat kabupaten.

 

Profil Pembina ekstrakurikuler Komputer

NAMA                  : Saiful Ahzan, S.Sos

TTL                          : Gresik, 17 Agustus 1987

JABATAN              : Kepala TU SMA ISLAMIYAH dan Pembina Ekstrakurikuler Komputer

 

Profil Pembina ekstrakurikuler seni

NAMA : Mohammad Ainul Magfirah

JABATAN             : Guru SBK dan Pembina

 

  • Jadwal ekstrakurikuler

HARI

EKSTRAKURIKULER

JAM

KETERANGAN

SENIN

KOMPUTER

13.00 WIB

 

SELASA

BOLA VOLI PUTRI DAN SEPAK TAKRAW

15.00 WIB

 

RABU

KOMPUTER

13.00 WIB

 

KAMIS

 

 

 

JUM’AT

BOLA VOLI PUTRA

15.00 WIB

 

SABTU

BOLA VOLI PUTRI DAN SENI

15.00 WIB

 

MINGGU

SEPAK BOLA

15.00 WIB

 

 

  • PRESTASI
  • Bidang olahraga
    • Juara 1 BOLA VOLI Tingkat SMA PORSEMA tahun 2012
    • Juara 1 Futsal Tahun 2015
    • Juara 3 Futsal Tahun 2016
    • Juara 2 Turnamen Bola voli tingkat SMA Se Bawean 2013 Di Kepuh Teluk
    • Juara 2 Turnamen Sepak takraw piala bupati 2017
    • Juara 1 sepak takraw putri tingkat smp 2018 dan 2019
    • Juara 1 bola voli tingkat sma di PORSENI Kecamatan
  • Bidang seni
  • Pernah pentas teater di singapura
  • Juara lomba puisi
  • Juara 1 lomba drama tingkat kabupaten

 

KEGIATAN EKSTRA KEAGAMAAN

 

  1. Pengertian Iman

Kata iman berasal dari bahasa Arab yang artinya percaya. Menurut istilah, iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan tindakan (perbuatan). Dengan demikian, iman kepada Allah adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah itu benar-benar ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaanNya, kemudian pengakuan itu diikrarkan dengan lisan, serta dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata.

 

  1. Pengertian Taqwa

Dari segi bahasa berasal daripada perkataan “wiqayah”  yang diartikan “memelihara”. Maksud dari pemeliharaan itu adalah memelihara hubungan baik dengan Allah SWT., memelihara diri daripada sesuatu yang dilarangNya. Melaksanakan segala titah perintahNya dan meninggalkan segala laranganNya. Iman dan taqwa dalam beberapa ayat al Qur’an maupun hadits Nabi disebutkan antara lain dikaitan dengan rukun iman, manifestasi iman, tanda-tanda orang yang beriman, penghargaan atau janji Allah pada orang-orang yang beriman sebagai berikut:

Rukun iman:

??? ???????? ????????? ???????? ???????? ????????? ??????????? ???????????? ??????? ??????? ????? ????????? ???????????? ??????? ???????? ???? ?????? ?????? ???????? ????????? ??????????????? ?????????? ?????????? ??????????? ????????? ?????? ????? ???????? ????????

“Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan kepada Kitab yang Allah turunkan kepada rasul-Nya serta Kitab yang Allah turunkan sebelumnya. barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari Kemudian, Maka Sesungguhnya orang itu Telah sesat sejauh-jauhnya” (al Nisa’: 136 ).

 

Manifestasi orang beriman:

?? ??? ????? ??? ??? ???? ????  ??? ???? ???? ????  ??   ?? ??? ???? ?????  ?????? ????? ??? ??? ???? ??? ??? ???? ????? ?????? ????? ?????? ???? ??? ??? ???? ????? ?????? ????? ????? ???? ?? ?????

Artinya:

Dari Abu Hurairah ia berkata Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir maka janganlah ia menyakiti tetangganya, barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memulyakan tamunya, serta barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka berkatalah dengan santun atau lebih baik diam”

 

?? ??? ?? ???? ?? ?????  ??? ???? ???? ???? ??? ?? ?? ???? ?????  ??? ??? ????? ?? ??? ????? ?? ??? ?????

Artinya :

Dari Anas bin Malik Rasulullah bersabda “tidaklah dikatakan beriman (secara sempurna) seseorang diantara kalian sehingga ia mencintai saudara atau tetangganya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri”

 

????????? ??????????? ??? ??????????? ????????????? ??????????????? ????????? ???????????? ???? ???????? ????????? ??????? ?????????????? (134)

Artinya:

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.(QS. Ali Imran: 134)

Tanda-tanda orang yang beriman:

??????????? ????? ???????? ????????? ???? ???????? ???????????? ???????? ??????? ??????????????? ????????????? ?????? ???????? ?????????? ?????? ??????? ?????? ????????? ????? ??? ???????? ?????? ??????????? (135)

Artinya:

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri[229], mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka Mengetahui.(QS. Ali Imran:134)

 

Penghargaan bagi orang beriman:

????????? ????????? ???????? ?????????? ????????????? ????? ?????? ???????? ??????? ???? ????????? ???????????? ???????? ???????? ??????? ???? ???????? ??????? ??????? ????? ??????? ????????? ???? ?????? ???????? ???? ???????????? ???????? ?????? ????????? ??????????? ?????? ?????? ?????????? (?????? :25)

Artinya:

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang Suci dan mereka kekal di dalamnya[QS. Al Baqarah:32].

 

Demikian pula pengertian taqwa dikaitkan pula dengan tanda-tanda orang yang bertaqwa atau manifestasi taqwa serta penghargaan Allah terhadap orang-orang yang bertaqwa sebagai berikut:

Tanda orang bertaqwa:

????????? ??????????? ??? ??????????? ????????????? ??????????????? ????????? ???????????? ???? ???????? ????????? ??????? ?????????????? (134)

Artinya:

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.(QS. Ali Imran: 134)

 

??????????? ????? ???????? ????????? ???? ???????? ???????????? ???????? ??????? ??????????????? ????????????? ?????? ???????? ?????????? ?????? ??????? ?????? ????????? ????? ??? ???????? ?????? ??????????? (135)

Artinya:

 135.Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri[229], mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka Mengetahui.(QS. Ali Imran:135)

Penghargaan bagi mereka yang bertakwa:

????????? ??????????? ?????????? ???? ????????? ?????????? ??????? ???? ????????? ???????????? ?????????? ?????? ???????? ?????? ????????????? (136)

Artinya:

Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan Itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.(al Imran:136)

 ????? ????????????? ??? ???????? ????????? (15)

Artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam surga (taman-taman) dan (di dekat) mata air-mata air (yang mengalir). (al Hijr: 45)

Iman kepada Allahmerupakan pokok keimanan yang menjiwai seluruh rukun iman lainnya yakni suatu kepercayaan yang mantap dan kepercayaan itu menyebabkan orang tersebut melakukan kehidupannya sesuai dengan keimanannya itu. Keimanan seseorang tidak dapat diketahui dari kepercayaan dan ucapannya saja, keimanan seseorang dapat diketahui dari perbuatannya dalam menjalani hidup.

Karena itu dalam sejumlah ayat al Qur’an disebutkan bahwa kata iman senantiasa diikuti dengan “amal shalih”. Dari perilaku tersebut sebatas manusia dapat mengenali bagaiman kualitas iman seseorang yang jelas berbeda dengan ukuran Allah Yang Maha Tahu.

Adapun keenam rukun iman yaitu iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iaman kepada para rasul, iman kepada hari akhir, dan iman kepada qadla’ dan qadar merupakan landasan atau fundasi bagi orang yang menyatakan dirinya sebagai muslim beserta konsekwensinya. Dari landasan kepercayaan yang kokoh sesuai dengan petunjuk Allah ini seseorang disebut memiliki aqidah. Kata aqidah secara bahasa disebut pula “rabth”  yang artinya tali, pegangan. Aqidah merupakan keyakinan yang keluar dari interpretasi ajaran yang dipastikan kebenarannya (berdasarkan wahyu). Dari aqidah inilah dibangun syari’ah dan etika moral yang menjadikan kesempurnaan hidup manusia sebagai hamba Allah yang mampu melakukan hubungan vertikal dengan benar dan baik kepada Dzat Yang Maha Sempurna, dan melakukan hubungan baik dengan sesama manusia.

 
   

lani hidup.

Karena itu dalam sejumlah ayat al Qur’an disebutkan bahwa kata iman senantiasa diikuti dengan “amal shalih”. Dari perilaku tersebut sebatas manusia dapat mengenali bagaiman kualitas iman seseorang yang jelas berbeda dengan ukuran Allah Yang Maha Tahu.

Adapun keenam rukun iman yaitu iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iaman kepada para rasul, iman kepada hari akhir, dan iman kepada qadla’ dan qadar merupakan landasan atau fundasi bagi orang yang menyatakan dirinya sebagai muslim beserta konsekwensinya. Dari landasan kepercayaan yang kokoh sesuai dengan petunjuk Allah ini seseorang disebut memiliki aqidah. Kata aqidah secara bahasa disebut pula “rabth”  yang artinya tali, pegangan. Aqidah merupakan keyakinan yang keluar dari interpretasi ajaran yang dipastikan kebenarannya (berdasarkan wahyu). Dari aqidah inilah dibangun syari’ah dan etika moral yang menjadikan kesempurnaan hidup manusia sebagai hamba Allah yang mampu melakukan hubungan vertikal dengan benar dan baik kepada Dzat Yang Maha Sempurna, dan melakukan hubungan baik dengan sesama manusia.

 
   




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas